Welcome Muharram.. :)

Assalamualaikum Ladies.. :D
How R u today? may ALLAH always guiding us and by our side.. Amin..

Actually, today i wanna talk about Muharram month, because now we are in the early months of  Muharram..
But this time, I would like to speak with the Bahasa Indonesia.. hihi..


Key, ehem.. :)
Lets talk bout: Apa si Bulan Muharram itu?
Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender islam (Hijriyah) dan salah satu dari 4 bulan haram/ yang dimuliakan Allah (Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab). Muharram means dilarang, disini konotasi yg baik loh ya.. yang artinya Allah melarang umatnya untuk berperang atau bentuk perbuatan semacamnya pada bulan ini. Karna begitu mulianya bulan ini, Bulan Muharram juga dikenal dengan bulan Allah atau syahrullah. Subhanallah ya ladies.. :)

Al Hasan rahimahullah berkata, “Sesungguhnya Allah membuka tahun dengan bulan yang suci dan menutupnya dengan bulan yang suci pula. Dan tidaklah ada bulan dalam setahun yang lebih agung di sisi Allah setelah bulan Ramadhan kecuali bulan Muharram.”  (Lathaiful Ma’arif hal 67, karya Ibnu Rajab Al Hambali)




Than, Apa sih keutamaan bulan Muharram?
Bulan Muharram itu bulan yang Allah utamakan/ muliakan. Sisi keutamaannya adalah bahwa berpuasa di bulan ini lebih utama dari pada berpuasa di bulan yang lain selain bulan Ramadhan tentunya, sebagaimana terdapat dalam hadits yang shahih dari Nabi shalallahu ‘alai wa sallam

“Puasa paling utama setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Al Muharram.” (HR. Muslim)

Meski puasa di bulan Muharram bukan puasa wajib, tapi mereka yang berpuasa pada bulan Muharram akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah Swt loh.. see how Allah is very generous and love with us.. Khususnya pada tanggal 10 Muharram yang dikenal dengan hari 'Asyura. Yaitu hari dimana ketika Nabi Musa dan 
pengikutnya diselamatkan dari kejaran bala tentara Firaun dengan melewati Laut Merah, sementara Firaun dan tentaranya tewas tenggelam. Dan karna rasa syukurnya, Musa berpuasa pada hari Asyura bersama dengan kaumnya (9,10,11 Muharram).



Selain kita beribadah karna Allah, 
Sebernernya Keuntungan Puasa Asyura apa saja ya?
Insyallah ladies, jika bersungguh2 beribadah karna Allah.. :) 
Allah menghapuskan dosa-dosa kita ditahun sebelumnya.. Subhanallah..
Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda mengenai puasa di hari Asyura’, 

“Aku berharap bisa menghapus dosa setahun sebelumnya.” (HR. Muslim)



What else?
Insyallah, segala perbuatan baik kita dilipat gandakan oleh Allah, namun apabila kita berbuat sebaliknya, maka Allah akan melipatgandakan dosa2 kita.. (Naudzubillahimindzalik, merinding yah.. ya Allah,, lindungi kami ya Allah.. Amin amin amin... 
#berdoasambilnutupmuka)

Maka, ada beberapa menyebutkan, bahwa baiknya kita perbanyak beramal pada bulan Muharram ini, dengan menyantuni anak yatim dan fakir miskin, menahan amarah, menjamu orang yang berpuasa, memperbanyak ibadah sunnah, dan amalan-amalan yang akan memberatkan pahala kita.. :)

Sahabat Ibnu Abbas RA berkata: “Janganlah kalian melakukan kezaliman dalam seluruh bulan. Kemudian Allah secara khusus menyebutkan empat bulan. Allah menjadikannya sebagai bulan Haram dan Allah menegaskan larangan yang lebih kuat atas kezaliman pada bulan tersebut. Perbuatan kezaliman pada bulan tersebut akan lebih besar dosanya, dan amal shalih pada bulan tersebut akan lebih besar pahalanya.”

Nah,, buat Ladies-ladiesku yang diluar sana..
Insyallah, puasa Asyura jatuh pada tanggal 5,6, & 7 Desember 2011 ini.. Mari kita perbanyak amalan dengan berpuasa atau beribadah dan beramal yang banyak pada bulan ini.. (Tapi beramalnya continue di bulan lainnya juga dong yah,, hehe.. #insyallah,semoga Allah mampukan kita yah.. aminn)

Puasa ini adalah sunnah ya ladies..
Allah maha baik dengan meringankannya menjadi sunnah.. :)

"Sesungguhnya hari Asyura termasuk hari-hari Allah, barangsiapa ingin maka berpuasalah dan siapa yang ingin meninggalkan maka boleh." (HR. Muslim)

“Dan bagi setiap orang  ada memiliki arah yang dituju  ke arah mana dia  menghadapkan wajahnya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Q.S 2:148)

Semoga bermanfaat yah semuanyaahh..
Mohon maaf yah jika ada yang kurang, baik dalam penjelasan atau kata-kata yang saya sampaikan.. 
i'm still learning, so sorry if there's some mistakes..
So see you on the next post.. :)

Salam and Love,
-Irna-